It's your choice

6:18 AM


Ketika anda mempunyai masalah dengan orang lain, atau anda melakukan kesalahan, atau merasa sangat marah dengan perlakuan orang lain kepada anda, apakah yang anda lakukan? Membiarkan masalah itu sampai orang yang bersangkutan menyadarinya? Berupaya untuk menyelesaikan masalah sehingga mendapatkan win win solution, atau dengan gusar memutuskan hubungan dengan orang tersebut dan menutup semua akses yang memungkinkan anda terhubung dengan orang tersebut?
Itu pilihan, tergantung apa niat dan tujuan anda menjalin hubungan dengan orang lain. Sebenarnya kalau mau jernih berpikir bisa dilihat bahwa pilihan yang paling menarik dan bijaksana adalah pemecahan masalah, 'kan masalahnya sudah terjadi. Anda hanya dapat mengubah masa depan sedangkan masa lalu tak bisa diubah. Jika anda dan orang tersebut berupaya untuk mencari jalan keluar, masalah itu akan tidak penting lagi dan hubungan baik anda dengan orang tersebut akan memperoleh kemajuan. Masalahnya seberapa besarkah ego masing-masing untuk mau melakukan introspeksi demi perbaikan hubungan?
Diharapkan agar kedua belah pihak membuat kesepakatan, kalau perlu tertulis dan bermeterai, ahhhaha, tuliskan butir-butir yang diharapkan dan juga yang tak disetujui oleh pihak lain, setelah itu masalah bisa ditunda untuk memberi kesempatan berpikir kepada masing-masing pihak bagaimana caranya untuk melangkah lebih jauh.
Yang perlu diingat adalah bahwa anda tidak rugi jika orang lain tak menyetujui pandangan anda, tokh anda masih dapat melakukan apa pun yang anda pikir benar, dan anda mungkin akan melakukannya. Tepat seperti orang lain, tentu ia akan melakukan apa yang dipikirnya paling benar....
Tapi kalau tujuan anda bukan perbaikan hubungan, dan kalau anda bermasalah dengan orang lain anda selalu dengan cepat memutuskan hubungan serta semua akses yang berkaitan dengan orang tersebut, itu pun hak anda, tokh seperti dikatakan seorang sahabat saya: "selayaknya setiap orang tahu akibat dan konsekuensi dari keputusan dan tindakan yang diambilnya". Tepat seperti judul tulisan ini 'kan? It's your choice....


















You Might Also Like

0 comments